g SISTEM URINARI ~ Kurniawati x-ray

VIDEO TUTORIAL RUMUS IF TUNGGAL

AL-QUR'AN

mp3 player


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Indahnya Pertengahan
!-- floating twitter Bird -->

Senin, 30 April 2012

SISTEM URINARI

        Sistem urinari terdiri atas :
  • Ginjal, yang mengeluarkan sekret urine.
  • Ureter, yang menyalurkan urinr dari ginjal ke kandung kemih.
  • Kandung kemih, yang bekerja sebagai penampung.
  • Uretera, yang mengeluarkan urine dari kandung kemih.                                                                       Ginjal terletak pada dinding posterior abdomen, terutama di daerah lumbal, di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, di bungkus lapisan lemak yang tebal, di belakang peritonium, dan karena itu di luar rongga peritonium. Kedudukan ginjal dapat diperkirakan dari belakang, mulai dari ketinggian vertebra torakalis terakhir sampai vertebra lumbalis ketiga. ginjal kanan sedikit lebih rendah dari kiri, karena hati menduduki banyak ruang di sebelah kanan. Setiap ginjal panjangnya 6 sampai 7,5cm, dan tebal 1,5 sampai 2,5cm. Pada orang dewasa beratnya kira-kira 140 gram. Bentuk ginjal seperti biji kacang dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ke tulang punggung. sisi luarnya cembung. pembuluh-pembuluh ginjal semuanya masuk dan keluar pada hilum. ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal dari pada yang kiri. Setiap ginjal dilingkupi kapsul tipis dari jaringan fibrus yang rapat membungkusnya, dan membentuk pembungkuss yang halus. Di dalamnya terdapat struktur-struktur ginjal. Warnanya ungu tua dan terdiri atas bagian koeteks di sebelah luar, dan bagian medula di sebelah dalam. Bagian medula ini tersusun atas lima belas sampai enam belas massa berbentuk piramida, yang disebut piramis ginjal. Puncak- puncaknya langsung mengarah  ke hilum dan berakhir di kalises. Kalises ini menghubungkannya dengan pelvis ginjal.
  • NEFRON, struktur halus ginjal terdiri atas banyak nefron yang merupakan satuan-satuan fungsional ginjal, diperkirakan ada 1.000.000 nefron dalam setiap ginjal. Setiap nefron mulai sebagai kapiler yang erat tertanam dalam ujung atas yang lebar pada urineferus atau nefron. Dari sini tubulus berjalan sebagian berkelok-kelok dan sebagian lurus. Bagian pertama tubulus berkelok-kelok dan dikenal sebagai kelokan pertama atau tubula proksimal dan sesudah itu terdapat sebuah simpai, simpai henle. Kemudian tubula itu berkelok-kelok lagi, disebut tubula distal, yang bersambung dengan tubula penampung yang berjalan melintasi kortks dan medula, untuk berakhir di puncak salah satu piramids. 
  • PEMBULUH DARAH, selain tubulus urineferus, struktur ginjal juga berisi pembuluh darah. arteri renalis membawa darah murni dari aorta abdominalis ke ginjal. cabang-cabangnya beranting banyak di dalam ginjal dan menjadi arteriol eferen, dan masing-masing membentuk simpul dari kapiler-kapiler di dalam salah satu badan malpighi atau glamerolus. pembuluh eferen kemudian tampil sebagai arteriol eferen yang bercabang-cabang membentuk jaringan kapiler sekeliling tubulus uriniferus. kapiler-kapiler ini kemudian bergabung lagi membentuk vena renalis, yang membawa darah dari ginjal ke vena kava inferior. maka darah yang beredar dalam ginjal mempunyai dua kelompok kapiler, yang bertujuan agar darah dapat lebih lama berada di sekitar tubulus urineferus, karena fungsi ginjal tergantung hal itu.
  • FUNGSI GINJAL, mengatur keseimbangan air, konsentrasi garam dalam darah, keseimbangan asam-asam darah, serta ekskresi bahan buangan dan kelebihan garam.
  • URETER, terdapat dua ureter berupa dua pipa saluran, yang masing-masing bersambung dengan ginjal dan dari ginjal berjalan ke kandung kemih, panjang ureter sekitar 35 sampai 40 cm. terdiri atas dinding luar yang fibrus, lapisan tengah yang berotot, dan lapisan mukosa sebelah dalam. ureter mulai sebagai pelebar hilum ginjal dan berjalan ke bawah melalui rongga abdomen masuk ke dalam pelvis dan bergerak obliq bermuara ke dalam sebelah posterior kandung kemih.
  • KANDUNG KEMIH, bekerja sebagai penampung urine, organ ini berbentuk buah pir, letaknta di dalam panggul besar, dan di belakang simfisis pubis, pada bayi lebih tinggi, bagian terbawa terpanjang erat di sebut basis, bagian atas atau fundus naik depan bawah dan ada di belakang simfisis fubis.
  • URETRA, sebuah saluran yang berjalan dari leher kandung kemih ke lubang luar, di lapisi memnbran mukosa yang bersambung dengan membran yang melapisi kandung kemih. pada wanita panjang uretre adalah 2,5 sampai 3,5cm. pada pria 17 sampai 22,5 cm.                                                               

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management